|
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
....................................................
Kelas
/ Semester : I (Satu) / 1
Tema
/ Topik : Diri sendiri (Jujur, Tertib Dan Bersih)
Petemuan
ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI
DASAR
PPKn
1. Menerima
keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai
anugerah Tuhan (KI-1)
2. Menunjukkan
perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang,
dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2)
3. Mengenali
keberagaman karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah
(KI-3)
4. Mengetahui
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah (KI-3)
5. Menyajikan
kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan (KI-4)
Bahasa Indonesia
1. Mendengarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang
dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1)
2. Menunjukkan
perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat
memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
(KI-2)
3. Menyapa
dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai
dengan konteksnya (KI-2)
4. Berkomunikasi
secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri,
bagian tubuh dan kebutuhan tubuh,
lingkungan dan pola hidup sehat,
lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4)
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
1. Menunjukkan
sikap menerima keberaganman karakteristik individu
2. Menceritakan
tentang perbedaan kemampuan yang dimiliki teman
3. Bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan
keluarga,
4. bersikap
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan teman
5. bersikap
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan guru
6. Membedakan
karakteristik fisik,
7. Membedakan
karakteristik agama,
8. Membedakan
karakteristik suku,
9. Membedakan
karakteristik psikis (senang, pemalu, sedih)
10. Menyebutkan
kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
11. Menyebutkan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
12. Menyebutkan
sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
13. Menyebutkan
sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah
Bahasa Indonesia
1. Bersikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2. Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Berbicara
mengikuti giliran
4. Memandang
wajah kawan bicara pada waktu berbicara
5. Memperlihatkan
raut muka yang ramah
6. Menanggapi
dengan bahasa tubuh yang sesuai
7. Memperkenalkan
diri dengan sopan kepada guru dan teman sekelas
8. Menceritakan
dengan sopan jumlah anggota keluarga dan pekerjaan orang tua
9. Mengucapkan
sapaan yang sesuai
10. Mengucapkan
terima kasih secara tepat
11. Mengucapkan
maaf secara tepat
12. Menyebutkan
nama diri
13. Menyebutkan
nama-nama bagian anggota tubuh
14. kegunaan
anggota tubuh
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
PPKn
1. Keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan
2. Perilaku
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila
3. Keberagaman
karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah
4. Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
5. Kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik individu
di rumah dan sekolah melalui permainan
Bahasa Indonesia
1. Penggunaan
bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di
sekolah dan di rumah
2. Perilaku
yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan
identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
3. Ucapan
selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
4. Berkomunikasi
secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri,
bagian tubuh dan kebutuhan tubuh, lingkungan
dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan
F.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.
Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
5.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair
lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
6.
Meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada
pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan
kegiatan pembelajaran.
7.
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang “Diri Sendiri (Jujur, tertib dan bersih)”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut
dalam barisan
2.
Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai
dengan agama yang dianutnya
3.
Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
4.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
5.
Menyanyikan lagu “Aku anak Indonesia” ciptaan AT
Mahmud sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan
tepuk birama secara berkelompok dan individual
6.
Menggambar wajah dengan bimbingan guru
7.
Menunjuk
anggota tubuh seperti yang digambarkan guru di depan kelas
8.
Memperkenalkan identitas diri dengan bahasa yang
santun di depan teman-temannya: Nama, alamat, hobi dan cita-cita
9.
Menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan
10. Menyebutkan
jumlah anggota keluarga yang tinggal serumah dengan siswa
11. Menyebutkan
pekerjaan atau kegiatan ayah dan ibu
sehari-hari
12. Menyanyikan
lagu-lagu yang berkaitan dengan ketertiban (seperti lagu “Bangun Tidur”
13. Menyanyikan lagu
dengan penuh percaya diri di depan kelas secara bergiliran (Individu/
kelompok kecil)
14. Di dalam
kelompok menyebutkan alasan pentingnya
mandi, potong kuku dan gosok gigi
15. Di dalam
kelompok menyebutkan tentang kegiatan
yang di lakukan di rumah secara bergiliran sambil memandang wajah kawan
bicara, memperlihatkan raut muka yang ramah dan bahasa tubuh yang sesuai
16. Menunjukkan
kebiasaan mematuhi tata tertib yang
dilakukan dalam kehidupan di kelas.
17. Menggunakan
bahasa yang santun pada orang tua,
guru, kepala sekolah, dan temannya
18. Di dalam
kelompok menata benda yang ada di
sekitar kelas berdasarkan ukuran besar kecil/panjang pendek
19. Mempraktekan
gerak dasar berjalan sambil mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkan nama
benda-benda yang dilihatnya
20. Mempraktikkan
permainan berjalan ke barbagai arah mengikuti aba-aba dengan percaya diri
21. Mempraktikkan permainan lompat-lompat dengan satu kaki ke
berbagai arah
|
35 menit X 30 JP
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
5.
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya,
cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
6.
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang
sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Buku
Tematik Kelas I
2. Buku
Pengembangan Diri Anak
3. Buku
kirigami (seni mengunting)
4. Diri
Anak
5. Lingkungan
6. Media
Gambar pakaian
7. Benda
di sekitar siswa
8. Model
bangun datar dan bangun ruang
9. Papan
berpaku atau sejenis
10. Karet
gelang/ benang
I.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilain
Proses Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
·
Penilaian Kinerja
·
Penilaian Produk
b. Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
kelas 1
( ________________) ( )
NIP .................................. NIP……………….....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar