RANCANGAN PELAKSANAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama :
Ali Alfian Noor Rachman Saleh
NIM :
1404310061
UNIVERSITAS : WR SUPRATMAN SURABAYA
MATPEL :
MATEMATIKA
Hari Tanggal : 28 November 2017
Kelas / Semester : III / I
SEKOLAH :
SDN 3 MUNGGU Kec BUNGKAL Kab PONOROGO
Alokasi Waktu : 2 JP x 35 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
v Matematika
2.
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan
berat dalam pemecahan masalah
II.
KOMPETENSI DASAR
v Matematika
2.1
Memilih alat ukur sesuai dengan dengan
fungsinya (meteran timbangan atau jam)
III.
INDIKATOR
v Matematika
Ø Menaksir
lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur jam
Ø Membaca
tanda waktu seperempat pada jarum jam
Ø Membaca
tanda waktu sampai 5 menit pada jarum jam misalya pukul 11.00
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v Matematika
Ø Siswa
dapat menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur jam
Ø Siswa
dapat membaca tanda waktu sampai 5 menit pada jarum jam misalnya pukul 11.00
Ø Siswa
dapat membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital
V.
MATERI PELAJARAN
v MATEMATIKA
Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Matematika
A.
Kegiatan awal
1. Guru
mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa
2. Mengkondisan
siswa kearah yang lebih baik untuk mengikuti pembelajaran
3. Menjelaskan
tujuan pembelajaran
4. Memberi
motivasi
5. Guru
mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan di bahas
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan tentang alat ukur jam
2.
Guru menunjukan jam asli/ tiruan/ gambar
3.
Siswa mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
4.
Siswa aktif dalam kegiatan belajar
mengajar
Elaborasi
1.
Guru meminta siswa untuk maju kedepan
2.
Siswa membaca jam yang di tunjukkan guru
3.
Guru membagikan lembar kerja
4.
Siswa secara individu mengerjakan evaluasi
5.
Guru membenahi hasil belajar siswa yang
kurang sesuai dan membentuk kesimpulan jawaban
Konfirmasi
1.
Guru memberikan kesempatan kepeda siswa
untuk bertanya mengenai matari yang belum di pahami
2.
Pembahasan evaluasi individu dan melakukan
penilaian
3.
Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan
materi pembelajaran
4.
Memotivasi siswa untuk lebih meningkatkan
pestasi belajanya
C.
Kegiatan penutup
1.
Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman
materi yng telah dipelajari.
2.
Pemberian PR ( tindak lanjut )
3.
Guru memberikan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan
4.
Guru menutup pelajaran dengan berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
VIII.
ALAT DAN SUMBER BAHAN
1.
Macam-macam alat ukur
2.
Buku penunjang
IX.
PENILAIAN
Prosedur
penilaian
1. Proses
2. Penilaian
akhir
Jenis
penilaian
1. Penilaian
Proses : pengamatan diskusi
3. Penilaian
akhir : tes akhir pembelajaran
Bentuk
penilaian
1. Penilaian
Proses : pengamatan
2. Penilaian
akhir : subjektif, objektif
Alat
penilaian
1. Penilaian
proses : lembar pengamatan diskusi
2. Penilaian
akhir : isian/menjawap petanyaan
Mengetahui Munggu,……………..
Mahasiswa Guru
Kelas 3
ALI ALFIAN NOOR R S NINIK
HARTATIK, S.Pd
NIP: 1404310061 NIP:
19661207 198803 2 007
Kepala
Sekolah
SDN
3 MUNGGU
SUGENG
WIDODO, S.Pd
NIP :
10609 198594 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar