|
|
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/
Semester : II/ 1
(Dua)
Tema/
Subtema : Hidup
Rukun/ Hidup Rukun Dengan Teman Bermain
Alokasi
Waktu : 1x Pertemuan
(5 x 35 Menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estesis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
2.5. Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia.
Indikator
2.5.1.
Mengeditifikasikan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan balok danes (kubus satuan)
Indikator
3.1.1. Membilang sampai 500 dengan menggunakan balok danes
(balok satuan)
PPKn
Kompetensi Dasar
2.1. Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang,
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya dari dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan.
Indikator
4.3.1. Menceritakan
kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
Kompetensi Dasar
3.2.
Mengenal pola irama lagu bertanda irama tiga, bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
Indikator
3.2.1.
Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan teks percakapan tentang hidup
rukun, siswa dapat membaca teks permintaan maaf tentang sikap rukun dalam
kemajemukan teman dengan teliti.
2. Dengan membaca teks percakapan,
siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain disekitar rumah
berdasarkan kegemaran dengan teliti.
3. Dengan mengamati beberapa lambang
bilangan yang ada pada gambar, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500
dengan percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mengidentifikasi berbagai pola irama
lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
2. Menentukan karakter setiap individu
dirumah
3. Menyebutkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4. Membilang sampai 500
E.
Metode
Pembelajaran
Metode :
Penugasan, Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Pendekatan : Scientific (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi/ menalar, dan
mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat dan Sumber Pelajaran
1. Teks percakapan
-
Gambar
seni tentang hidup rukun di lingkungan bermain di sekitar rumah.
-
Teks
lagu “ Disini senang disana senang”
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
KEGIATAN
|
DISKRIPS IKEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan kepercayaan masing- masing.
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa dengan menunjukkan sebuah gambar lingkungan rumah yang bersih dan yang
kotor.
4. Tanya jawab tentang gambar Hidup
rukun di lingkungan.
5. Menginformasikan tema yang akan diajarkan yaitu tentang “
Hidup Rukun” dan sub tema “Hidup Rukun di Masyarakat
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa menyanyikan lagu"Disini
senag disana senang". Secara bersama-sama dengan semangat dan percaya
diri (menyimak dan mencoba)
2. Siswa memperhatikan guru
menyanyikan lagu “Disini senang disanas senang” sesuai ketentuan dengan
menggunakan alat musik ritmis ( mengamati)
3. Siswa dibimbing memainkan alat
ritmis (mengamati)
4. Siswa menyanyi lagu “Disini senang
disana senang” dengan memainkan alat musik ritmis (mengamati dan mencoba).
|
150 Menit
|
|
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar.
4. Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam
berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
b. Segera memberikan nasihat, apabila
ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa agar dikemudian
hari jika berdoa lebih disempurnakan.
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a a. Penilaian sikap : rasa ingin tahu, percaya
diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja
2.
Bentuk instrumen penilaian
a.
Penilaian Sikap
|
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
|
Percaya
Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
|||||||||||||
|
2
|
|||||||||||||
|
3
|
|||||||||||||
|
4
|
|||||||||||||
|
5
|
|||||||||||||
b. PenilaianPengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
1. Menjawab pertanyaan dari buku teks harian
2. Membilang dengan menggunakan balok
danies atau kubus satuan
c. Penilaian keterampilan
Penilaian
Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca Lancar
|
NO
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Penilaian: Pengamatan
Penilaian Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Garis
|
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
Hasil Pengamatan Menggambar Ekspresi dengan Mengolah
Garis
|
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 1
|
Kriteria 1
|
|||
|
Terlihat
(√ )
|
Belum Terlihat (√
)
|
Terlihat
(√ )
|
Belum Terlihat (√
)
|
Terlihat
(√ )
|
Belum Terlihat (√
)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Membuat Cerita tentang Kegiatan Bersama Teman di sekitar
Rumah dalam Keragaman Kegemaran
|
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Metro,
...............................
Kepala
Sekolah
Guru Kelas II
____________________
_____________________
NIP.
NIP.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar