Selasa, 08 November 2016

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA BUDI PEKERTI MALALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELASIV SEMESTER II SD NEGERI NGAMPEL KEC. BALONG KAB. PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016 /2017



PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA 
BUDI PEKERTI MALALUI METODE ROLE PLAYING PADA
 SISWA KELASIV SEMESTER II SD NEGERI NGAMPEL
KEC. BALONG KAB. PONOROGO TAHUN
 PELAJARAN 2016 /2017



LAPORAN PENELITIAN
Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah
Metodologi Penelitian











Disusun Oleh
Ali Alfian Noor Rachman Saleh
NPM 1404310061





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS WR SUPRATMAN SURABAYA
2016







BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pengembangan dan pemahaman dalam bidang pendidikan adalah sebagai suatu sarana untuk merealisasikan cita-cita bangsa. Oleh sebab itu pada dasarnya didalam proses belajar mengajar mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa terjadi hubungan timbal balik antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.
Hal ini terjadi pada siswa yang memiliki kemampuan tinggi maupun rendah. Guru yang baik adalah guru yang mampu mampu menggunakan semua metode yaitu metode ceramah, pemecahan masalah, tanya jawab dan lain-lain. Pengelolaan proses belajar mengajar di kelas sepenuhnya diserahkan kepada kemampuan guru yang telah diperolehnya selama bekerja yang dapat merangsang siswa belajar aktif dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Bahasa Indonesia adalah termasuk pendidikan ideologi negara yang sangat dominan menentukan tingkah laku dan cara berbahasa yang baik antara sesama. Walaupun siswa memiliki nilai yang tinggi dari mata pelajaran selain bahasa Indonesia,tetapi dalam sikap dan perbuatanya ia tidak memahami, mengerti dan melaksanakan apa yang terkandung dalam ilmu Bahasa Indonesia maka dia tidak akan bermanfaat bagi masyrakat, bangsa dan negara.
Pada garis besarnya, kemampuan berbahasa itu terdiri atas empat keterampilan yaitu membaca, menyimak, menulis dan berbicara. Keempat keterampilan itu selalu berkaitan. Hubungan antara keterampilan ini saling menunjang bahasa tersebut telah tersusun secara kronologi tidak dapat dibolak-balik urutanya.
Bila kita kaitkan dengan tujuan pengajaran bahasa, rupanya keterampilan berbahasa mendapatkan presentase yang tinggi. Samsuri telah membicarakan tujuan pengajaran bahasa, khususnya bahasa Indonesia.
Dalam proses belajar mengajar guru diharapkan dapat menyampaikan apa yang dimiliki kepada siswanya agar pengetahuan yang dimiliki guru dapat dimiliki siswanya pula. Model pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing yang telah dikembangkan di negara-negara maju, menjadi pilihan penulisan untuk menjawab problema ini Karena pembelajaran dengan menciptakan suasana-suasan baru dapat mengurangi rasa kebosanan serta dapat menambah minat para siswa untuk meningkatkan sajian dari pelajaran. Sistem ini dapat diterapkan dalam segala sistem pelajaran dan segala mata pelajaran baik sains maupun sosial.
Hal ini terjadi baik pada siswa yang memiliki kemampuan tinggi maupun rendah. Guru yang baik adalah guru yang mampu manggunakn semua metode yaitu metode ceramah, pemecahan masalah, tanya jawab dan lain-lain. Pengelolaan proses belajar mengajar di kelas sepenuhnya diserahkan kepada kemampuan guru yang telah diperolehnya selama bekerja yang dapat merangsang siswa belajar aktif dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Sesuai dengan apa yang penulis kemukakan diatas, maka dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis memilih judul “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA BUDI PEKERTI MALALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI NGAMPEL KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016 /2017"
B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat diidentifikasi permasalahannya, yaitu: (1) Kuranganya hubungan timbal balik antara guru dan siswa atauy siswa dengan siswa yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu, (2) Meningkatkan pendidikan ideologi negara yang sangat dominan menentukan tingkahlaku dan cara berbahasa yang baik antara sesama, (3) Pembelajaran Bahasa Indonesia guru kelas IV SD Negeri Ngampel Balong Ponorogo hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan.
C.      Pembatasan Masalah
Peneliti melakukan pembatasan masalah agar hasil yang dicapai lebih terarah dan dapat dikaji secara mendalam. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) meningkatkan hubungan timbal balik antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa, (2) penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
D.      Rumusan Masalah
Dari permasalahan tersebut di atas maka diajukan rumusan masalah sebagai berikut : “Apakah terdapat peningkatan hasil belajar bidang studi bahasa Indonesia tema budu pekerti melalui penerapan metode Role Playing di SD Negeri Ngampel Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017”.
E.       Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan tersebut diatas maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.         Untuk meningkatkan hasil belajar studi Bahasa Indonesia.
2.         Untuk miningkatkan kualitas prestasi belajar siswa
3.    Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan metode Role Playing
4.      Meningkatkan keprofesionalan guru
F.       Manfaat Penelitian
Hasil dan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan ini akan memberikan manfaat yang berarti bagi perorangan maupun instasi di bawah ini:
1.      Bagi Guru : Dengan dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas ini, guru dapat lebih terampil dalam menerapkan metode Role Playing, guru akan terbiasa melakukan penelitian kecil yang tentu sangat bermanfaat bagi perbaikan proses belajar mengajar.
2.      Bagi Siswa : hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi siswa yang bermasalah di kelas ini agar berusaha  meningkatkan hasil belajarnya.
3.      Bagi Sekolah : hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan yang banyak dalam rangka memperbaiki pembelajaran di kelas, peningkaan kualitas sekolah dan bermanfaat bagi sekolah-sekolah lain.
4.      Bagi Kurikulum : hasil penelitian ini akan memberikan masukan bahwa dengan penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat mengembangkan kurikulum dalam menggunakan metode pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KUNCI JAWABAN PAS 1 TEMA 2 TAHUN 2020 2021